Berikut Biaya Operasi Kanker Payudara

Berikut Biaya Operasi Kanker Payudara

Berikut Biaya Operasi Kanker Payudara – Penyakit kanker payudara merupakan angka kematian ke 3 setelah angka kematian penyakit jantung urutan pertama dan penyakit kanker serviks urutan ke 2. Penyakit Kanker payudara adalah keganasan pada sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara, bisa berasal dari komponen kelenjarnya (epitel saluran maupun lobulusnya) maupun komponen selain kelenjar seperti jaringan lemak, pembuluh darah dan persarafan jaringan payudara.

Kanker Payudara pada umumnya tidak hanya menyerang wanita saja, akan tetapi laki-laki juga bisa terkena penyakit ganas yang satu ini. Kita mungkin mengetahui bahwasannya penyakit kanker itu sangat berbahaya dan mengancam jiwa pada penderitanya. Berbagai metode pengobatan banyak sekali salah satunya operasi pengangkatan kanker payudara, terapi kemo dan pengobatan herbal.

Namun pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi menarik seputar biaya operasi kanker payudara yang wajib anda ketahui. Berikut informasinya.

Berikut Biaya Operasi Kanker Payudara

Biaya Operasi Kanker Payudara Di Indonesia sendiri berkisar antara belasan sampai puluhan juta rupiah, tergantung dari tingkat keparahan atau kondisi dari kanker payudara itu sendiri. Biaya tersebut bahkan tidak termasuk kedalam obat kemoterapi/obat pasca operasi yang bisa mencapai Rp. 2000.000 s/d Rp. 4000.000 -,bahkan sampai ratusan juta.

Lalu bagaimana dengan pasien kurang mampu untuk melakukan operasi kanker payudara ?

Biasanya pemerintah mengeluarkan jaminan kesehatan atau sekarang itu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Namun biasanya itu belum termasuk obatnya.

Apakah setelah operasi kanker payudara akan ada efek samping ?

Kebanyakan pasien kanker payudara dapat setelah melakukan operasi mengalami Kanker Payudara Kambuh

Ketika kanker kembali kambuh setelah perawatan, itu disebut rekuren. Kanker dapat kembali pada payudara yang sama atau dekat bekas luka mastektomi (ini disebut kekambuhan lokal), atau lebih jauh (kambuh jauh).

Kanker yang ditemukan pada payudara sebelahnya tidak disebut sebagai kekambuhan – itu adalah kanker baru yang memerlukan pengobatan sendiri.

Kambuhan Lokal

Pengobatan untuk wanita yang kanker payudaranya sering berulang di area lokal tergantung pada jenis pengobatan yang digunakan sebelumnya. Jika sebelumnya wanita hanya menjalani operasi konservasi payudara, maka pilihan berikutnya adalah mastektomi.

Jika pengobatan pertama berbentuk mastektomi, maka kekambuhan local dekat area mastektomi dapat diobati dengan cara mengangkat tumor tersebut sebisa mungkin dan kemudian dilanjutkan dengan readioterapi (hanya jika pada terapi pertama tidak diberikan radioterapi).

Radioterapi tidak bisa diberikan 2x di area yang sama. Pada kasus ini, maka terapi hormone: trastuzumab, kemo atau beberapa kombinasi lainnya bisa dilakukan setelah pembedahan dan/atau radioterapi.

Kekambuhan Jauh

Sebagai aturan, wanita yang memiliki kekambuhan dimana kanker telah menyebar ke luar payudara dan kelenjar getah bening ke bagian tubuh lainnya (seperti tulang, paru-paru, otak, dll), diperlakukan dengan terapi sistemik.

Pembedahan atau radiasi mungkin berguna dalam beberapa kasus, tetapi mereka agaknya tidak digunakan untuk menyembuhkan kankernya, sehingga pengobatan utama tetap terapi sistemik.

Tergantung pada banyaknya faktor, pada tahap ini mungkin digunakan terapi hormon, kemoterapi, Target Terapi seperti trastuzumab (Herceptin) atau bevacizumab (Avastin), atau beberapa kombinasi dari perawatan ini.

Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan dan informasikan mengenai biaya operasi kanker payudara dan efek samping setelah operasi kanker payudara. Semoga dengan adanya artkel ini dapat memberikan manfaat dan solusi untuk kesehatan payudaranya.

Baca Juga Obat Kanker Payudara : Ace Maxs

Jelly Gamat QNC

Obat Maag

Salep Untuk Luka Dekubitus

Berikut Biaya Operasi Kanker Payudara

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *