Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui

Kanker serviks adalah kanker yang sangat mematikan no 1 di dunia bagi wanita yang mengalaminya dimana kanker ini terjadi pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Pada usia berapa pun, semua wanita bisa menderita kanker serviks. Tapi penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun.

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab terjadinya kanker serviks itu hapir keseluruhan diakibatkan oleh virus HPV (human papillomavirus). Virus ini terbagi menjadi 2 bagian diantaranya ada virus human papillomavirus baik (tidak berbahaya) dan virus human papillomavirus jahat (berbahaya),

HPV adalah kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil di tangan, kaki, dan alat kelamin. Ada banyak jenis HPV yang sebagian besar adalah virus yang tidak berbahaya. Tapi ada beberapa jenis HPV yang mengganggu sel-sel leher rahim untuk bisa berfungsi secara normal dan akhirnya bisa memicu kanker. HPV sangat umum ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menjadi penyebab munculnya kanker serviks. sumber aladokter.com

Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Anda Ketahui Bertikut Ini.

Gejala Kanker Serviks – Pada beberapa kasus, penderita kanker serviks tidak memiliki gejala sama sekali dan akan diketahui ketika kanker serviks sudah mencapai stadium lanjut.

Gejala yang perlu anda ketahui adalah keluarnya cairan dari dalam vagina dengan bau yang aneh dari biasanya, cairan tersebut memilliki ciri warna coklat, merah muda, putih, dan adanya sedikit darah pada cairan itu.

Gejala-gejala lain yang perlu anda ketahui.

  • Rasa sakit tiap kali melakukan hubungan seksual.
  • Perubahan siklus menstruasi tanpa diketahui penyebabnya, misalnya menstruasi yang lebih dari 7 hari untuk 3 bulan atau lebih, atau pendarahan dalam jumlah yang sangat banyak.

Kanker serviks pada stadium akhir akan menyebar ke luar dari leher rahim menuju ke jaringan serta organ di sekitarnya. Pada tahapan ini, gejala yang terjadi akan berbeda, antara lain:

  • Terjadinya hematuria atau darah dalam urine.
  • Bermasalah saat buang air kecil karena penyumbatan ginjal atau ureter.
  • Perubahan pada kebiasaan buang air besar dan kecil.
  • Penurunan berat badan.
  • Pembengkakan pada salah satu kaki.
  • Nyeri pada tulang.
  • Kehilangan selera makan.
  • Rasa sakit pada perut bagian bawah dan juga panggul.
  • Rasa nyeri pada punggung atau pinggang, ini disebabkan karena terjadi pembengkakan pada ginjal. Kondisi ini disebut sebagai hidronefrosis.

Nah itulah beberapa gejala yang perl u anda ketahui dan wajib anda waspadai terutama bagi anda para wanita. Jika anda merasakan beberapa penderita diatas, kami  himbaukan agar anda secepatnya melakukan pemeriksann kedokter atau rumah sakit terdekat.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengobati Kanker Serviks

Obati dan tangani kanker serviks anda secara alami tanpa operasi, sebelum anda termasuk kedalam 2 menit di dunia dan 1 Jam di Indonesia 1 wanita meninggal karena kanker serviks.

Oleh karena itu cegah dan atasi sejal dini penyakit  kanker serviks anda sebelum semuanya terlambat.

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai gejala kanker servik. Smoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan lebih menjaga kesehatan rahimnya.

Artike yang anda cari lainnya :

Gejala Kanker Serviks

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *