Macam-Macam Penyakit Kanker Pada Manusia

Macam-Macam Penyakit Kanker Pada Manusia

Macam-Macam Penyakit Kanker Pada Manusia – Gangguan kesehatan ini memiliki banyak jenis, tergantung dimana sel kanker tersebut tumbuh dan berkembang. Jika tumbuh dan menyerang bagian lidah dinamakan kanker lidah, jika menyerang tenggorokan maka para ahli menamakannya dengan kanker berbagai-jenis-kankertenggorokan.

Kanker sendiri merupakan pembunuh normor dua setelah jantung. Merupakan penyakit yang diawali dengan berkembangnya sel tidak normal pada bagian tubuh atau organ tertentu. Perkembangan relatif cepat dan dapat menyebar serta menginfeksi bagian lainnya.

Dari ribuan penyakit yang telah dikenal manusia, ada beberapa diantaranya yang paling populer karena lebih sering diderita oleh umat manusia. Berdasarkan data terkini yang diterbitkan oleh lembaga kesehatan dunia, tercatat ada beberapa jenis penyakit yang paling banyak diidap. diantaranya :

Jenis kanker berbahaya mematikan yang pertama adalah Kanker Payudara. Di Amerika Serikat, penyakit kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum ditemukan pada wanita setelah kanker rahim. Tetapi tidak munutup kemungkinan juga kanker payudara dapat menyerang kaum pria. Setidaknya sejak tahun 2003 s.d 2008, di Amerika Serikat ada sekitar 2.000 kasus pria terkena penyakit kanker payudara ini. Sementara di Indonesia, menurut pendiri sebuah yayasan yang concern terhadap penyakit kanker payudara Linda Gumelar, kanker payudara merupakan jenis kanker yang menjadi penyebab kematian kedua setelah kanker leher rahim. Sebenarnya kanker payudara bisa diselamatkan jika deteksi dini terhadap kanker ini bisa dilakukan.

Kanker Prostat

Kanker Prostat adalah kanker yang terjadi atau kanker yang berkembang diprostat, sebuah sistem reproduksi laki-laki, hal ini disebabkan karena sel prostat mulai bermutasi dan berkembang diluar kendali. Sel prostat ini dapat berkembang dan menyebar ke bagian tubuh yang lain secara metastatis. kanker jenis ini dapar menyebabkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi erektil dan gejala lainnya.
Kanker Paru-Paru
Penyakit Kanker paru-paru merupakan kanker yang dianggap paling mematikan dan telah banyak membunuh warga Amerika Serikat khususnya mereka yang berusia antara 55 s.d 65 tahun. Berdasarkan penelitian penyebab utama dari kanker paru-paru ini adalah rokok.  Ada dua jenis kanker paru-paru. Pertama, kanker paru-paru primer. Kanker paru-paru primer memiliki dua tipe utama yaitu small cell lung cancer (SCLC) dan non-small cell lung cancer (NSCLC). SCLC merupakan jenis kanker yang memiliki daya pertumbuhan sangat cepat untuk membesar. Jenis kanker ini sangat erat dengan para perokok aktif.
dan sangat banyak sekali jenis kanker yang memang sering dialami umat manusia ini, diantaranya, kanker serviks, kanker rahim, kanker mulut, kanker kelenjar getah bening, kanker hati, kanker lidah, kanker mata, kanker darah, kanker kulit, dllUntuk itu, demi tercapainya kesejahteraan manusia, yang pertama harus dilakukan adalah menjaga kesehatan agar tetap sehat dan panjang umur, sehingga menghasilkan keturunan yang sehat pula.

Yaa mungkin segitu dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di postingan berikutnya 😉
Salam Sehat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *