Pencegahan Kanker Payudara Pada Wanita Sejak Dini

Pencegahan Kanker Payudara Pada Wanita Sejak Dini

Pencegahan Kanker Payudara Pada Wanita Sejak Dini – Penyebab kanker payudara sangat beragam. Mengetahui penyebab suatu penyakit akan membantu kita untuk lebih waspada. Sayangnya, tak semua orang kanker payudara“berani” untuk menggali informasi tentang kanker payudara dan penyebabnya. Tak lain alasannya adalah Karen mendengar nama penyakitnya saja sudah menakutkan, apalagi jika harus mengetahui detail dari penyakit ini. Penyakit kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti kaum perempuan. Dengan mengetahui faktor dan Penyebab kanker payudara, kita akan jauh lebih waspada dan berhati-hati. Misalnya, jika memang ada riwayat atau genetis anggota keluarga yang pernah terkena kanker payudara, maka kita harus berjuang untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penyakit kanker payudara yang perlu kita ketahui.

Pertama, adanya faktor gaya hidup. Kita tak bisa menyangkal sebuah fakta bahwa kesehatan kita sangat dipengaruhi dengan gaya hidup kita. Dengan kata lain, semakin baik gaya hidup kita, semakin baik kondisi kesehatan kita. Gaya hidup merupakan salah satu Penyebab kanker payudara yang paling besar. Beberapa gaya hidup yang tak sehat dan bisa menyebabkan seseorang terkena kanker payudara adalah obesitas, suka merokok, dan suka mengonsumsi minuman beralkohol. Asap rokok memiliki unsur karsinogenik dan memiliki efek langsung beracun. Selain itu, asap rokok sangat mempengaruhi dan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kronis karena adanya mekanisme hormonal. Aktivitas tumor juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kadar estrogen endogen yang disebabkan oleh konsumsi minum-minuman beralkohol. Wanita yang sudah memasuki masa menopause juga berisiko tinggi terkenan penyakit kanker payudara.

Baca Juga Obat Kanker Serviks

Selain menjaga pola hidup yang lebih sehat, seorang wanita dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan agar terhindar dari kanker payudara, penyakit yang paling ditakuti seluruh kaum hawa di dunia.

Ada lima langka pencegahan kanker payudara yang dapat dilakukan ketika di rumah, seperti diutarakan Spesialis Bedah Umum Gleneagles Hospital Singapore, Dr. Esther Chuwa dalam bincang santai bersama media di Bali Room Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (6/12/2013) :

  1. Periksa payudara Anda ketika mandi
  2. Lanjutkan pemeriksaan payudara di depan cermin dengan cara lengan diangkat ke atas atau diletakkan di pinggang. Setelah itu periksa apakah mengalami bengkak, kemerahan, atau ada perubahan di kedua payudara.
  3. Tekan perlahan-lahan payudara untuk mencari benjolan, dimulai dari tengah melingkar keluar
  4. Berbaring dan ulangi pemeriksaan
  5. Lihat puting untuk melihat apakah ada cairan.

Nah mungkin sampai disini saja kawan mengenai Pencegahan Kanker Payudara Pada Wanita Sejak Dini, jadi kita harus benar-benar menjaga kesehatan kita agar terhindar dari bahaya penyakit yang sudah meraja lela di dunia ini.

Sampai jumpa di postingan berikutnya 😉

Pencegahan Kanker Payudara Pada Wanita Sejak Dini

Obat Jantung Bengkak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *