Resiko Dan Penyebab Tumor Otak

Kami tidak tahu apa yang menyebabkan sebagian besar kanker otak. Tapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda mengembangkannya.

Apa pun yang meningkatkan risiko terkena penyakit disebut faktor risiko. Kanker yang berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda.

Memiliki salah satu faktor risiko ini tidak berarti Anda pasti akan mengalami tumor otak.

Penyebab Dan Risiko

♦Usia 

Orang bisa terkena tumor otak pada usia berapapun. Seiring bertambahnya usia, risiko tumor otak meningkat. Tapi ada banyak jenis tumor otak dan ada pula yang lebih umum pada orang muda.

♦Radiasi Medis

Paparan radiasi adalah satu-satunya faktor risiko yang kita ketahui. Tapi itu hanya memperhitungkan sejumlah kecil tumor otak.

Ada banyak jenis tumor otak. Dua tipe tersebut adalah:

  • meningioma
  • glioma kanker (ganas)

Jenis ini lebih sering terjadi pada orang yang pernah memiliki radioterapi, CT scan atau rontgen ke kepala. Terutama mereka yang telah menjalani perawatan dan pemindaian untuk kanker masa kanak-kanak.

Sinar-X dan CT scan sangat penting dalam mendiagnosis penyakit sehingga Anda memiliki perawatan yang tepat. Dokter dan dokter gigi menjaga paparan radiasi secara medis serendah mungkin. Mereka hanya dilakukan bila diperlukan.

♦Kanker Sebelumnya

Orang yang pernah menderita kanker sebagai anak memiliki risiko lebih tinggi terkena tumor otak di kemudian hari. Orang yang pernah menderita leukemia, limfoma non Hodgkin atau tumor otak glioma saat dewasa juga memiliki peningkatan risiko.

Ada beberapa bukti bahwa ada peningkatan risiko tumor otak pada orang dewasa yang memiliki jenis kanker lain namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi hal ini.

Peningkatan risiko tumor otak mungkin karena pengobatan untuk kanker sebelumnya, seperti radioterapi ke kepala.

Memiliki obat kemoterapi methotrexate ke dalam cairan di sekitar sumsum tulang belakang (intrathecal methotrexate) telah terbukti dapat meningkatkan risiko tumor otak. Metotreksat digunakan untuk mengobati leukemia, sejenis kanker darah.

Resiko terkena tumor otak masih kecil. Anda akan berada pada risiko yang jauh lebih tinggi dari kanker yang Anda rawat karena jika Anda tidak memilikinya.

♦Riwayat Keluarga Dan Ginetik

Risiko Anda lebih tinggi daripada orang lain pada populasi umum jika Anda memiliki orang tua, saudara laki-laki atau perempuan yang didiagnosis menderita tumor otak.

Sebagian kecil tumor otak terkait dengan kondisi genetik yang diketahui. Orang yang memiliki salah satu dari sindrom langka ini memiliki peningkatan risiko terkena tumor otak.

Sindrom ini meliputi:

  • neurofibromatosis tipe 1 dan 2
  • sklerosis tuberosa
  • Sindrom Li-Fraumeni
  • Sindroma Von Hippel-Lindau
  • Sindrom Turner
  • Sindroma Turcot
  • Sindrom Gorlin

♦HIV dan AIDS

Orang dengan HIV atau AIDS memiliki sekitar dua kali lipat risiko didiagnosis menderita tumor otak dibandingkan dengan populasi umum. Hal ini mungkin terkait dengan penurunan imunitas.

♦Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko beberapa jenis kanker otak. Obesitas berarti menjadi sangat kelebihan berat badan dengan indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih tinggi. Dan kelebihan berat badan adalah BMI antara 25 dan 30. Cobalah untuk menjaga berat badan yang sehat dengan menjadi aktif secara fisik dan makan makanan seimbang dan sehat.

Artikel terkait :

Cara Mengobati Kanker Otak 

Resiko Dan Penyebab Tumor Otak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *