Selasa, 26 Februari 2019

Mengapa Hidung Ikut Berair Ketika Mata Menangis?


Ketika menangis, kadang kala air tidak hanya keluar dari mata kamu saja. Ketika kamu menangis, secara tak sadar air juga mengucur deras dari hidung serupa ingus.

Hal ini membuat ketika kamu sedang menangis, sering kali membutuhkan tisu ekstra untuk mengelap ingus yang juga mengucur. Lantas kenapa sih ketika kamu menangis, air juga mengucur dari hidung?

Dilansir dari Today I Found Out, munculnya ingus ini karena kelenjar air mata tidak hanya memiliki jaringan keluar melalui mata saja. Terdapat sebuah saluran di mata yang menyambung ke daerah hidung yang menyebabkan hal ini terjadi.

Secara spesifik, air mata masuk ke hidung melalui saluran nasolacrimal hingga akhirnya keluar ke ujung hidung. Pada hidung, air mata tadi bercampur dengan ingus sehingga akhirnya memiliki bentuk yang lebih kental dan berlendir.

Sebenarnya saluran dari mata ke hidung ini selalu terbuka setiap waktu. Hanya saja ketika sedang menangis, terjadi peningkatan kelembapan dan kadar air lebih tinggi dari biasanya sehingga akhirnya muncullah air mata yang bersatu dengan ingus di hidung.

Namun pada beberapa orang tertentu, hal ini tidak dialami. Pada orang dengan kadar mata yang lebih kering, mereka membutuhkan dan menyerap lebih banyak air dibanding orang lain sehingga hal ini tak terjadi.

Kondisi hidung berair ketika menangis ini merupakan kondisi normal yang dialami ketika seseorang menangis. Jadi ini penyebab mengapa hidung mengucur deras kala mata tengah berair. 

0 komentar:

Posting Komentar