Selasa, 26 Maret 2019

Ketahuilah Manfaat Memberikan MPASI untuk Bayi


MPASI atau makanan pendamping ASI ini diberikan pada bayi yang sudah berusia 6 bulan. Pemberian Mpasi bayi ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh si kecil. Apabila di bulan-bulan sebelumnya si kecil hanya cukup dengan ASI, namun seiring pertambahan usianya nutrisi yang dibutuhkan juga bertambah. 

Pada tahapan ini si kecil mulai dikenalkan dengan makanan. Penyajiannya pun tidak bisa serta merta, melainkan harus diberikan secara bertahap. Porsi, bentuk hingga tekstur makanannya pun harus lembut, disesuaikan dengan usia si kecil. Hal ini dikarenakan si kecil belum mempunyai gigi untuk mengunyah makanan dengan sempurna. Lalu apa sih manfaat MPASI untuk bayi? Berikut ulasan lengkapnya :

Memenuhi kebutuhan gizi bayi
Salah satu pemenuhan gizi terbaik untuk bayi adalah ASI. Akan tetapi, untuk menunjang ASI tersebut, diperlukan makanan pendamping yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi. Agar tahapan MPASI berjalan dengan optimal, pastikan Anda menyajikan menu yang kaya akan gizi dan nutrisi.

Jika belum memiliki pengalaman, Anda bisa mencari referensi di internet mengenai menu-menu MPASI yang dapat disajikan untuk si kecil. 

Membantu mempercepat tumbuh kembang bayi
Pemberian makanan yang tepat, baik dari segi jenis maupun teksturnya, akan membuat organ tubuh bayi berkembang dengan baik. Dari hari ke hari si kecil terus mengalami pertumbuhan, dan ini akan berlangsung dengan optimal apabila didukung dengan pemberian MPASI. 

Terhindar dari berbagai penyakit
Tubuh bayi sangatlah rentan terhadap penyakit baik yang berasal dari virus, jamur, bakteri atau lainnya. Semakin rendah kekebalan tubuh bayi, maka akan semakin mudah pula terjangkit berbagai penyakit baik penyakit ringan atau pun berat sekalipun. Oleh karena itu diperlukan MPASI yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehingga tidak mudah sakit.

Meningkatkan perkembangan otak bayi
Bayi yang mengonsumsi zat besi selama 2 tahun pertama dalam kehidupannya, akan memiliki perkembangan otak lebih cepat pula. Si kecil akan memiliki kemampuan lebih ketika belajar membaca atau pun menulis jika dibandingkan bayi yang kekurangan zat besi. Kandungan zat besi ini dapat diperoleh menu MPASI yang Anda sajikan. Jadi usahakan untuk memberikan menu yang bergizi lengkap ya!

Disarankan memberikan menu MPASI yang kaya akan zat besi, kandungan omega, dan lainnya. Kandungan gizi tersebut dapat meningkatkan perkembangan otak bayi Anda.

Mengenalkan buah hati dengan makanan-makanan bervarian
Bayi perlu diperkenalkan dengan makanan-makanan lain selain ASI. Hal tersebut dapat melatih penginderaan si kecil. Ragam makanan yang biasa diberikan kepada bayi sebagai pendamping ASI diantaranya; buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan yang mengandung omega tinggi seperti ikan dan lainnya.

Agar si kecil tidak bosan, usahakan untuk memvariasikan menu yang disajikan. Salah satu tanda si kecil mulai bosan dengan menu yang itu-itu saja adalah ketika si kecil menolak makanan yang Anda suapkan. Jika anak terus menolak, hindari memaksanya untuk makan. Jangan sampai si kecil memiliki kesan buruk terhadap jam makannya. Alternatifnya, coba berikan menu lain atau ganti dengan memberikan camilan.

Demikianlah beberapa manfaat MPASI bagi bayi yang perlu Anda ketahui. Perlu diketahui bahwasannya tumbuh kembang buah hati Anda juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diberikan. Inilah mengapa Anda disarankan memberikan menu-menu MPASI sesuai tahapan usia si kecil.

0 komentar:

Posting Komentar