Sabtu, 13 April 2019

Ingin Membeli Spare Part Motor? Yuk, Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Tidak Salah Pilih !


Bagi para pemilik sepeda motor, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya spare part motor. Sebagai komponen yang memainkan fungsi dan peran penting, memanglah perlu memilihnya sesuai dengan kualitas dan fungsi yang terbaik.

Spare part motor sebagai suatu barang yang memiliki fungsi tertentu setiap bagiannya merupakan suatu sistem satu kesatuan yang menjalankan kerjanya masing-masing. Beberapa spare parit itu sendiri diantaranya adalah ban, oli, aki motor, lampu, kampas rem, rantai, busi, kabulator, dan tali gas. 

Tentunya bagi para pemilik motor selalu ingin agar spare part motornya memiliki kualitas yang bagus. Namun, tidak semua spare part memiliki kualitas yang bagus meskipun dengan harga mahal sekalipun. 

Untuk itu, berikut ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan ketika akan membeli spare part, diantaranya :

1. Perhatikan keaslian kondisi fisik
Sebagai bagian yang penting, tentunya kondisi fisik inilah yang menjadi salah satu hal yang bisa dilihat secara langsung. Misalnya saja, kemasan yang masih tersegel dan terbungkus rapat. 

Selain itu, contohnya saja kampas rem yang bisa dibedakan antara asli dengan yang palsu. Untuk kampas rem sepeda motor Honda sendiri memiliki serbuk tembaga dengan warna abu-abu tua dan lining pad nya kasar.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi kinerja spare part jika digunakan. Kondisi fisik yang tidak bagus dan barang yang terdeteksi palsu, akan mempengaruhi kinerja sistem lainnya dan mengganggu proses pengoperasian kendaraan nantinya.

2. Belilah di toko yang resmi
Sebenarnya memang hal yang sederhana, namun alangkah baiknya untuk selalu memilih toko-toko spare part yang resmi dan memang terkenal memiliki kualitas yang bagus. 

Selain itu, apabila memang ada masalah dapat juga untuk mengajukan keluhan yang nantinya dapat diganti karena memiliki garansi yang resmi. Sehingga jika mendapati produk yang bermasalah dapat mendapatkan penggantian. Hal ini tentunya juga untuk memperkecil kemungkinan barang yang dibeli termasuk barang palsu. 

3. Perhatikan harga dan kualitas produk
Tentunya setiap konsumen selalu tertarik dengan barang-barang yang murah, khususnya apabila mengenai spare part ini. Namun, dibalik harga murah yang ditawarkan oleh suatu toko alangkah baiknya agar tidak terlalu terburu-buru menerimanya. 

Hal tersebut karena bisa saja harga murah yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tidak bagus. Namun, tidak menutup kemungkinan jika harga yang murah juga memiliki kualitas yang bagus. Tentunya memang agar selalu mengupdate info-info terkait spare part sehingga bisa membandingkan antara toko satu dengan lainnya. 

4. Pahami detail produk yang ditawarkan
Berbicara mengenai spare part motor, tentunya ini menjadi pertimbangan yang penting sebelum membelinya. Pasalnya, kita tidak hanya perlu memperhatikan harganya. Harga yang mahal belum menjadi jaminan akan kualitas produk yang terbaik. 

Oleh karena itu, perlu memperhatikan setiap detailnya dengan seksama. Diantaranya terkait lisensi dan garansi, harga, label hologram, dan material yang digunakan dan menjadi komponennya.

5. Pilihlah servis bengkel resmi
Bagi kalian yang masih awam dan bingung ingin membeli spare part motor, bisa saja langsung mendatangi ke tempat servis bengkel yang memang terkenal dengan kualitas dan penawaran yang terpercaya. Sehingga, daripada bingung untuk membeli sendiri di tokonya, alangkah baiknya untuk sekalian ke tempat servis dan lebih bagus lagi jika bisa berkonsultasi terkait.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin membeli spare part motor agar mendapatkan spare part yang berkualitas bagus dan tidak mengganggu kinerja sistemnya. Sehingga uang yang dikeluarkan juga sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar