Minggu, 19 Mei 2019

Cari Kontrakan Murah? Simak Cara Berikut Ini Agar Tidak Salah Pilih!


Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga, rumah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi. Seperti yang lazim diketahui, membeli atau membangun rumah membutuhkan biaya yang sangat besar. Beruntung, Anda bisa cari kontrakan murah sebagai solusi hunian untuk Anda dan keluarga.

Kontrakan merupakan alternatif tepat bagi Anda yang membutuhkan tempat tinggal namun mempunyai keterbatasan dana. Atau, Anda tidak berencana untuk tinggal di suatu tempat dalam waktu terlalu lama. Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan hunian murah, pilihan kontrakan menjadi semakin beragam. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup bervariasi, sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Anda tengah mencari kontrakan murah? Meskipun tersedia banyak sekali pilihan kontrakan yang hadir dengan harga terjangkau, Anda perlu mengetahui cara tepat untuk menemukan kontrakan yang tepat. Tidak perlu pusing, berikut ini beberapa cara yang wajib Anda ketahui saat mencari rumah kontrakan dengan harga terjangkau namun tetap layak dan nyaman untuk ditinggali yang dirangkum dari Liputan6.com:

1. Tentukan harga
Berapa harga kontrakan yang sesuai dengan kantong Anda? Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mencari kontrakan murah adalah dengan menentukan alokasi anggaran. Pastikan batasan harga tersebut tidak membebani Anda karena biaya ini merupakan pengeluaran tetap yang harus dikeluarkan dan mungkin bertambah seiring berjalannya waktu.

Dalam menentukan harga, Anda juga perlu memperhatikan jangka waktu pembayaran. Tersedia kontrakan yang disewa bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, bahkan tahunan. Pilih pembayaran yang menurut Anda paling ringan. Jangan lupa untuk bernegosiasi dengan pemilik kontrakan sehingga harga dan waktu pembayaran lebih sesuai dengan kantong Anda.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan harga adalah mengenai fasilitas yang diberikan. Jangan sampai Anda berharap mendapat kontrakan yang terlalu murah namun mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Meskipun ada, persentasenya sangat kecil sehingga membuat Anda kesulitan untuk menemukan kontrakan tersebut. 

2. Lakukan survei
Setelah menentukan harga dan mendapatkan pilihan kontrakan yang sesuai, langkah selanjutnya adalah melakukan survei. Datangi langsung kontrakan yang dimaksud dan pastikan bahwa berbagai fasilitas yang Anda inginkan benar-benar dimiliki oleh rumah kontrakan tersebut. Cari tahu pula mengenai kondisi rumah, apakah diperlukan perbaikan berarti atau tidak.

Hal ini sangat penting karena berkaitan erat dengan pengeluaran tambahan. Apabila sebuah rumah dikontrakkan dengan harga murah serta fasilitas lengkap, Anda perlu berpikir ulang jika kondisinya tidak memungkinkan. Masalah seperti genteng bocor, tembok berlubang, cat mengelupas parah wajib dipertimbangkan karena Anda harus melakukan renovasi di masa depan.

Aspek yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah mengenai air bersih. Keberadaan air bersih sangat penting, sehingga Anda harus memastikan bahwa rumah kontrakan mendapatkan pasokan air bersih yang mencukupi kebutuhan Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari berbagai masalah seperti kekurangan air atau kekeringan.

3. Pertimbangkan
Setelah melakukan survei, Anda mungkin mempunyai beberapa kemungkinan pilihan. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah meluangkan waktu selama dua atau tiga hari untuk mempertimbangkan secara seksama mengenai rumah kontrakan yang akan dipilih. Kumpulkan segala informasi mengenai setiap rumah kontrakan dan bagi menjadi kelebihan dan kekurangan.

Anda dapat membuat poin-poin berupa kelebihan dan kekurangan masing-masing rumah kontrakan. Pastikan Anda membuatnya secara jujur sehingga mempermudah dalam menentukan pilihan yang tepat. Bandingkan jumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing pilihan. Rumah dengan kelebihan lebih banyak seharusnya menjadi pilihan tepat untuk Anda kontrak.

Tidak perlu terburu-buru dalam menentukan pilihan. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk berpikir secara jernih sehingga Anda tidak salah pilih. Rumah kontrakan merupakan tempat yang akan dihuni dalam waktu cukup lama. Terutama jika Anda memilih untuk membayar 1 tahunan atau 5 tahunan, maka memastikan kenyamanan rumah hunian merupakan suatu keharusan.

4. Negosiasi dengan pemilik rumah
Setelah mantap dengan satu pilihan, langkah berikutnya adalah melakukan negosiasi dengan pemilik rumah. Di waktu ini, negosiasi yang Anda lakukan tidak perlu terlalu alot karena Anda telah mengetahui berbagai informasi seperti harga dan lain sebagainya. Negosiasi dalam tahap ini hanya bertujuan untuk menguatkan keyakinan Anda untuk memilih rumah tersebut.

Dalam melakukan negosiasi, berusahalah untuk tidak terlalu menunjukkan ketertarikan Anda pada rumah kontrakan tersebut. Beberapa pemilik rumah justru akan menaikkan harga apabila mengetahui Anda sudah terlanjur jatuh cinta pada pilihan tersebut. Oleh karena itu, bersikaplah biasa seolah-olah Anda masih mempunyai pilihan lain.

Bagaimana? Sudahkah Anda siap cari kontrakan murah? Beberapa langkah tepat di atas layak Anda coba ketika memilih rumah kontrakan yang murah namun nyaman serta layak untuk dihuni. Mencari rumah kontrakan memang bukan pekerjaan yang mudah karena membutuhkan banyak waktu serta kesabaran. Yang terpenting, jangan ragu untuk mencari informasi dan meminta bantuan kerabat. Semoga beruntung!

0 komentar:

Posting Komentar