Sabtu, 04 Mei 2019

Tips Renovasi Rumah Dengan Biaya Murah


Merenovasi banyak bagian rumah sekaligus membutuhkan anggaran yang besar. Anda yang berencana merenovasi rumah, apakah sudah memperkirakan biaya yang dibutuhkan? Apakah Anda sudah menyiapkan dana untuk renovasi rumah?

Kalau belum ada dana yang disiapkan, sebaiknya Anda mulai menyiapkannya sejak sekarang. Rumah yang Anda huni semakin bertambah tahun akan semakin bertambah pula kerusakan yang dialami. Selain karena alasan rusak, merenovasi rumah biasanya dilakukan untuk manata ulang suatu ruangan di dalam rumah.

Rumah sudah butuh direnovasi tapi biaya dirasa masih tetap kurang. Padahal anggaran yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah tidaklah sedikit. Tapi tunggu dulu, Anda tetap bisa berhemat ketika merenovasi rumah. Renovasi rumah dengan biaya murah bukan hal yang tidak mungkin.

Menghemat Biaya Renovasi
Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja cek tipsnya berikut ini.

1. Susun perencanaan
Langkah pertama adalah susun rencana, seperti bagian mana saja yang akan direnovasi, hasil yang diinginkan dari proses renovasi, tujuan renovasi, material yang digunakan, warna yang dipilih, hingga perencanaan soal anggaran. Rencanakan semuanya dengan matang agar proses tidak terhambat. Apabila prosesnya lancar tanpa hambatan, anggaran pun bisa ditekan.

2. Susun skala prioritas
Langkah kedua tentukan skala prioritas. Tujuannya agar Anda tetap fokus selama proses renovasi dan berani bilang ‘tidak’ untuk hal-hal diluar prioritas. Menentukan prioritas ini erat kaitannya dengan menentukan anggaran. Tanpa skala prioritas, pengeluaran Anda bisa bertambah banyak karena Anda terlalu sering menuruti ego pribadi.

3. Susun anggaran
Langkah ketiga adalah menyusun anggaran. Ini bisa jadi langkah pertama yang Anda lakukan. Renovasi rumah dengan biaya yang murah sangat bergantung dengan perencanaan anggaran yang Anda buat.

Susun anggaran sesuai dengan kebutuhan dalam merenovasi rumah. Tahan dulu keinginan untuk menambah atau mengganti furniture di dalam rumah demi menghemat biaya. Mengganti furniture bisa dilakukan di lain hari. Tapi memperbaiki rumah harus dilakukan sekarang. Pemahaman ini yang harus Anda miliki.

Jika Anda sudah menyusun perencanaan dan skala prioritas, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyusun anggaran. Apabila biaya yang diperlukan masih tetap besar, berarti harus Anda harus evaluasi lagi perencanaan yang Anda buat agar sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

4. Gunakan kembali bahan yang layak guna
Namanya juga renovasi, pasti ada bahan-bahan dari bangunan lama yang tidak digunakan. Anda bisa memanfaatkan bahan material tersebut untuk digunakan kembali jika memang kondisinya masih layak pakai, contohnya seperti pintu, jendela, dan genteng.

Agar terlihat seperti bahan baru, Anda bisa menyiasatinya dengan cara dicat. Langkah keempat ini bisa jadi solusi paling pas untuk menghemat biaya renovasi.

5. Beli bahan material sendiri
Langkah kelima adalah sebaiknya Anda sendiri yang membeli bahan material yang diperlukan. Jika Anda menggunakan penyedia jasa renovasi dan mempercayakan mereka untuk membeli bahan material yang dibutuhkan, biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada Anda membelinya sendiri.

Anda yang tidak terbiasa memilih bahan material bisa saja bingung dan pusing ketika dihadapkan pada pilihan yang tersedia. Jadi lakukan survei kecil-kecilan agar Anda tidak terlalu bingung. Demi menghemat biaya renovasi rumah, apa sih yang tidak akan dilakukan?

Nah, itulah tips renovasi rumah dengan biaya yang murah. Merenovasi rumah tidak selamanya membutuhkan anggaran yang besar. Hal ini juga bergantung pada kebutuhan Anda dan bagaimana Anda merencanakan anggaran. Dan tips ini bisa Anda terapkan untuk menghemat anggaran untuk merenovasi rumah.

0 komentar:

Posting Komentar