Sabtu, 29 Juni 2019

Inilah Buah-Buahan Penambah Darah Untuk Mencegah Anemia


Anemia merupakan masalah kesehatan sering dialami oleh banyak orang. Meski biasanya masalah kesehatan ini terjadi dalam tingkat ringan dan dalam jangka waktu yang pendek, namun anemia yang tidak diobati bisa menjadi masalah yang serius. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan supaya masalah kesehatan ini tidak semakin serius.

Berbagai nutrisi esensial untuk membentuk sel darah merah ternyata tidak melulu terkandung dalam daging dan sayuran hijau saja. Nyatanya, buah-buahan pun mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Beberapa buah penambah darah yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah di antaranya:

1. Jeruk
Jeruk mengandung asam folat yang tinggi. Nah, hal inilah yang membuat jeruk jadi salah satu makanan penambah darah yang ampuh karena asam folat sendiri dapat membantu tubuh untuk membuat sel darah merah baru. Menurut USDA National Nutrition Database for Standard Reference, kandungan asam folat dalam satu gelas jeruk sebesar 31,5 mcg.

Tidak hanya kaya asam folat, jeruk nyatanya juga dapat menyerap zat besi pada tubuh karena buah satu ini kaya akan kandungan vitamin C. Zat besi merupakan komponen sel darah merah yang membantu pengikatan oksigen sehingga mempercepat pembentukan sel darah merah.

2. Kismis
Buah kering satu ini ternyata juga dapat membantu Anda menambah darah. Hal ini karena adanya kandungan zat besi dalam kismis. Dalam 2/3 gelas kismis mengandung zat besi sekitar 2 gram.

Anda pun bisa menikmati buah kering ini dengan berbagai cara, seperti ditambahkan dalam kue, sereal, oatmeal, dan lainnya. Hal ini tentu dapat memudahkan Anda dalam mendapatkan sumber zat besi.

3. Anggur
Sama seperti jeruk, anggur juga jadi salah satu buah yang kaya asam folat. Dalam satu gelas anggur, diketahui mengandung 21 mcg asam folat. Tidak hanya itu, meski bentuknya kecil, buah satu ini juga ternyata mengandung vitamin A yang membantu pembentukan sel darah merah.

4. Stroberi
Stroberi mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Kandungan antioksidan dalam buah yang banyak disukai orang, terutama kaum wanita, ini juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, loh!

5. Wortel
Wortel sering disebut sebagai buah yang kaya vitamin A. Ya, kandungan vitamin A  dalam bentuk retinol pada buah berwarna oranye ini berperan untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah sekligus mengantar oksigen ke sel-sel tubuh.

Agar memaksimalkan produksi sel darah merah dalam tubuh, Anda disarankan untuk makan wortel minimal dua kali per minggu.

6. Semangka
Satu lagi buah yang dapat menjadi makanan penambah darah adalah semangka. Satu potong buah semangka ukuran sedang diketahui mengandung zat besi sebanyak 1,5 gram. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi. Jadi, dalam sekali makan, Anda bisa mendapatkan kedua manfaat ini.

Demikianlah buah penambah darah yang dapat membantu mencegah anemia. Penting bagi kita menjaga kesehatan tubuh untuk agar terhindar dari penyakit tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar