Jumat, 19 Juli 2019

Ingin Rompi Awet? Berikut Hal yang Perlu Kamu Ketahui!

Sumber : motorbikeriders.com


Sebagai seorang bikers sejati pasti kamu tidak asing lagi saat berkendara terkena hembusan angin kencang baik siang maupun malam, debu, hingga sinar matahari. Untuk melindungi dari segala kondisi tersebut pastinya kamu memerlukan sebuah aksesoris pelindung tubuh, salah satunya adalah rompi anti angin motor. Selain menggunakan rompi kamu juga harus melengkapi aksesoris lain seperti, helm, masker, dan sarung tangan. Tak jarang banyak pengendara motor tidak menggunakan rompi padahal menggunakan aksesoris yang satu ini akan sangat berpengaruh bagi kesehatan.


Rompi ini sangat wajib digunakan oleh para bikers baik itu yang melakukan perjalanan jauh maupun dekat terutama di malam hari. Aksesoris motor yang satu ini memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit paru-paru saat terkena hembusan angin. Meskipun kamu sudah menggunakan jaket yang tebal diperlukan juga menggunakan aksesoris satu ini untuk kesehatan serta keselamatan pengendara. 

Sumber : interaksyon.com


Dr. Nandika Nurfitria yang merupakan petugas klinik K24 Hankam Bekasi, Jawa Barat berpendapat bahwa tubuh yang terkena paparan angin sebenarnya tidaklah berdampak buruk bagi kesehatan manusia secara langsung, tetapi bagi mereka yang tidak tahan dengan terpaan angin malam akan membuat tubuhnya menjadi rentan terkena penyakit paru-paru. Selain itu, angin yang langsung masuk melalui hidung dan mulut lebih beresiko bagi kesehatan karena saat ini kandungan zat berbahaya sudah tercampur oleh oksigen yang kita hirup.


Jadi sebaiknya ketika kamu ingin melakukan perjalanan jauh baik di siang hari maupun malam hari gunakanlah rompi sebagai body protector agar badan dan paru-paru tetap terlindungi dari terpaan angin kencang. Rompi yang kamu pakai juga perlu dirawat supaya awet dan tidak mudah rusak. Caranya dengan menghindari rompi dari pancaran sinar matahari terlalu lama sebab hal seperti ini akan berdampak rusaknya busa di dalam rompi. Lalu kamu juga perlu mencucinya supaya kuman yang ditimbulkan keringat bisa hilang serta tetap steril ketika digunakan. Jika tidak maka ketika digunakan badan kamu akan terasa gatal-gatal akibat kuman yang bersarang. 


Sumber : tawgear.com


Untuk mencuci rompi pun tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan dengan benar agar tidak merusak busa. Kamu bisa merendamnya selama kurang lebih 30 menit menggunakan air sabun, lalu bersihkan bagian dalam maupun luar dengan sikat baju. Setelah itu bilas menggunakan air mengalir agar kotorannya mudah hilang, lalu jemur rompi. Menjemur rompi tidak boleh langsung terkena sinar matahari, kami sarankan jemur di pagi hari.


Buat kamu yang berniat membeli sebuah rompi jangan sampai asal memilih dan tergiur oleh harga yang murah. Pilihlah rompi yang memiliki bahan lembut serta bobot yang ringan agar nyaman digunakan dan tidak mengganggu ketika berkendara. Kamu juga perlu memperhatikan ketebalan busa rompi yang dibeli, semakin tebal busanya maka semakin baik kualitas rompi tersebut. Jangan membeli rompi yang terbuat dari bahan plastik karena mudah sobek dan tidak tahan panas.


Tidak seperti dulu, kini para produsen aksesoris motor menciptakan rompi dengan kualitas terbaik yang mereka miliki. Sekarang ini juga sudah banyak para penjual aksesoris motor di pinggir jalan yang menyediakan rompi. Pastikan membeli rompi yang memiliki warna kombinasi cerah misalnya, hitam dan hijau stabilo serta hindari membeli rompi warna gelap. Dengan menggunakan rompi berwarna cerah akan mudah terlihat oleh pengendara lain saat malam hari. Selain itu pilihlah ukuran rompi yang pas untuk tubuh agar tetap nyaman dan aman ketika digunakan.


Jadi, sebelum kamu berkendara dengan sepeda motor jangan lupa pastikan menggunakan aksesoris yang lengkap untuk menunjang keselamatan serta kenyamanan pengendara, ya!

0 komentar:

Posting Komentar