Kamis, 25 Juli 2019

Menggapa Menerapkan IMC


Seberapa pentingnya IMC sehingga sangat perlu untuk diterapkan? Sebelum membahas hal tersebut lebih dalam alangkah baiknya jika anda mengetahui berbagai hal terkait dengan IMC. IMC sendiri merupakan kepanjangan dari Integrated Marketing Communication yang mana IMC ini merupakan sebuah konsep komunikasi pemasaran. IMC ini mempunyai nilai tambah pada rencana komperhensif sehingga nantinya diharapkan mendapatkan dampak pada terjadinya komunikasi yang lebih maksimal. Lebih mudahnya untuk mengenali IMC ini adalah sebuah proses yang menciptakan hubungan dengan customer yang menguntungkan.

Keberadaan IMC ini memang dimanfaatkan sebaik – baiknya sehingga banyak yang mulai menerapkan IMC. Kenapa IMC harus diterapkan? Pada umumnya perusahaan – perusahaan akan menerapkan IMC di perusahaan mereka. Adanya IMC ini digunakan untuk membuat sebuah brand maupun citra pada pelanggan. Tentu saja citra menjadi suatu yang sangat penting untuk diperhatikan, pasalnya setiap produk ataupun brand yang mempunyai citra yang baik akan mempengaruhi daya tarik pelanggan dengan produk tersebut. Selain itu dengan adanya citra yang baik maka nantinya pelanggan akan merasa puas dan senang. Ketika mempunyai pelanggan yang puas maka peluang untuk pelanggan tersebut kembali semakin besar, selain itu kemungkinan pelanggan akan datang dengan mengajak beberapa pelanggan lainnya sehingga semakin banyak pelanggan yang tertarik dengan produk tersebut. Itulah alasan mengapa IMC perlu diterapkan di sebuah perusahaan. Tentu saja keberadaan IMC ini sangat mendukung kebutuhan perusahaan untuk lebih maju.

Pentingnya keberadaan dari IMC ini maka tidaklah salah jika anda sedang tertarik dan ingin mempelajari IMC lebih dalam. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dari IMC ini, bahwa IMC mempunyai 5 komponen yang penting. 5 komponen tersebut akan mempermudah anda dalam mewujudkan tujuan yang anda impikan. Inilah 5 komponen yang bisa anda temukan di IMC :

1. Public Relation
Hubungan masyarakat ini menjadi salah satu komponen yang dimiliki oleh IMC. Hubungan masyarakat ini menjadi salah satu bagian yang mempunyai tugas untuk memberi informasi dan memberi pelayanan kepada setiap klien mengenai berbagai hal terkait dengan perusahaan yang sedang dijalankan. Tugas humas adalah memberikan informasi sebaik mungkin sehingga mampu menarik perhatian klien untuk mau bekerjasama dengan perusahaan tersebut.

2. Advertising
Advertising atau yang sering dikenal dengan iklan adalah komponen penunjang lainnya dari IMC. Cara kerja iklan ini adalah dengan mempromosikan dan memberikan informasi mengenai produk yang sedang ditawarkan sehingga nantinya diharapkan pelanggan akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Perusahaan bisa dengan mudah memilih menggunakan jenis media yang akan dijadikan tempat memasang iklan tersebut. Media masa yang bisa digunakan oleh perusahaan meliputi media cetak, TV, radio, koran, dan majalah. Melalui media tersebut para pelanggan bisa dengan mudah menemukan iklan menarik dari produk yang sedang ditawarkan.

3. Direct Marketing
Pemasaran secara langsung tentu menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa menawarkan produk yang mereka miliki. Strategi yang digunakan adalah dengan menyasar pada konsumennya secara langsung, hal ini di anggap sangat efektif untuk bisa mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Kelebihan yang dimiliki oleh komponen ini adalah perusahaan tidak perlu menggunakan media seperti iklan untuk mengenalkan produk, pasalnya petugas akan langsung turun dan menemui konsumen secara langsung.

4. Sales Promotion
Sudah banyak beberapa perusahaan yang menggunakan sales untuk mempromosikan produk yang dimiliki. Tentu saja dengan melalui sales promotion ini diharapkan mampu menyasar konsumen menjadi lebih mudah karena ada banyak sales promotion yang bekerja.

5. Personal Selling
Penjualan secara langsung nampaknya menjadi salah satu komponen yang paling didengar oleh perusahaan. Penjualan secara langsung ini adalah dengan melakukan jual beli secara langsung tatap muka dengan pelanggan.

Keberadaan IMC ini memang terbilang sangat penting sehingga mulai banyak perushaan yang menerapkan IMC. Beberapa penjelasan yang ada di atas tentu saja mempermudah anda untuk memahami pentingnya IMC untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Komponen yang ada di dalam IMC juga sangat mendukung terciptanya komunikasi yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar