Kamis, 29 Agustus 2019

Mengapa Merek Perlu Didaftarkan?


Memiliki sebuah merk dagang tertentu bagi perusahaan memang menjadi salah satu cara untuk memajukan usaha. Sebab dengan memiliki sebuah merk dagang tertentu akan membuat produk yang diperdagangkan baik itu berupa barang maupun jasa  lebih mudah dikenali oleh konsumen. Mendaftakan merk dagang saat sekarang ini memang sudah tidak sulit lagi. Apalagi dengan adanya pendaftaran merek online mempermudah para pengusaha untuk mendaftarkan merk dagang perusahaannya dan segera melakukan operasional perusahaan. Terlebih jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan baik itu perusahaan dagang berupa barang maupun jasa yang memiliki prospek pasar dan konsumen sangat besar.

Mendaftarkan sebuah merk dagang memiliki beberapa keuntungan yang akan diperoleh bagi pemilik perusahaan ketika sudah memiliki merk dagang yang terdaftar secara resmi. Seperti berikut ini keuntungan yang akan diperoleh:

  • Bagi pemilik perusahaan yang memutuskan untuk mendaftarkan merk dagangnya secara resmi, maka pemilik perusahaan akan memperoleh perlindungan secara resmi dan khusus untuk merk dagang yang sudah didaftarkan. Sehingga apabila dikemudian hari ada merk dagang baru dengan nama dan produk yang sama yang mendaftarkan diri, maka merk dagang milik perusahaan tidak akan tergantikan. Justru akan diberikan perlindungan khusus untuk merk yang sudah terdaftar. Jelas ii akan menjadi sangat menguntungkan bagi perusahaan.
  • Perlindungan terhadap penggunaan merk bisa mencapai 10 tahun secara resmi menurut undang-undang yang berlaku. Sehingga bagi anda yang sudah melakukan pendaftaran merk dagang secara resmi tentu saja menjadi sebuah keuntungan. Sebab selama kurang lebih 10 tahun merk dagang yang anda gunakan tidak akan bisa digunakan oleh pihak lain tanpa adanya ijin khusus dan resmi. Tentunya ini merupakan keuntungan bagi pemilik usaha. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan pendaftaran terhadap kepemilikan merk dagang yang sudah anda pilih dan anda miliki untuk produk yang anda miliki. Baik itu berupa perusahaan jasa maupun berupa barang. Apabila seorang pengusaha tidak mendaftarkan merk dagang yang dimilikinya, maka bisa jadi suatu ketika jika ada merk serupa dari produk serupa melakukan pendaftaran dari perusahaan berbeda, maka anda akan dirugikan.
  • Apabila sebuah produk baik barang maupun jasa sudah memiliki merk yang terdaftar maka secara komersial, perusahaan akan diuntungkan. Sebab konsumen akan lebih percaya dalam menggunakan produk baik berupa barang maupun jasa yang berasal dari perusahaan tertentu yang sudah melakukan pendaftaran terhadap merk dagang produk yang dimilikinya. Tingkat kepercayaan dari konsumen inilah yang menjadi awal dari peningkatan keuntungan perusahaan. Sebab jika konsumen tidak percaya, maka produk baik barang maupun jasa yang dijual tidak akan diterima dengan baik di pasaran. Oleh karenanya akan lebih baik dan bijaksana jika pemilik perusahaan mendaftarkan merk dagangnya untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan dan produk yang dibuatnya.
  • Proses pemasaran produk serta pengembangan produk bisa lebih mudah dilakukan. Sebab jika sebuah perusahaan sudah melakukan pendaftaran terhadap merk dagang yang dimilikinya, maka ketika akan melakukan pengembangan dari segi merk dan produk akan jauh lebih mudah dan cepat bisa dilakukan. Oleh karenanya, pemilik perusahaan akan sangat disarankan untuk melakukan pendaftaran merk dagang supaya kegiatan usaha menjadi lebih mudah dikembangkan dan keuntungan perusahaan berkembang dengan pesat. Kepemilikan merk juga akan terlindungi ketika perusahaan melakukan pendaftaran merk. Prospek pasar dan pengembangan pasar juga lebih mudah dilakukan.

Secara umum, memiliki sebuah merk dagang memang menjadi salah satu keuntungan bagi pemilik perusahaan. Terutama yang memproduksi baik itu barang maupun jasa. Sebab merk dagang tersebut merupakan salah satu kunci utama bagi perusahaan agar bisa mengembangkan produknya dengan baik. Setidaknya ketika sebuah perusahaan ingin berkembang, memiliki merk dagang yang mudah diingat dan terdaftar secara resmi merupakan salah satu cara atau teknik untuk memperluas pasar serta cara untuk mendaftarkan produk dan memperoleh konsumen dalam jumlah yang cukup banyak. Itulah sebabnya mengapa para pemilik perusahaan diwajibkan untuk memiliki sebuah merk dagang tertentu agar bisa mengembangkan perusahaan serta mengembangkan produk dengan baik dan benar.

0 komentar:

Posting Komentar