Minggu, 04 Agustus 2019

Tips Memilih Rumah Sakit Bersalin yang Tepat


Pemeriksaan kehamilan memang hendaknya dilakukan secara rutin oleh ibu hamil, mulai dari mereka sudah merasakan kondisi kehamilan, maka harus rutin check up. Fungsinya tak lain adalah untuk melihat bagaimana perkembangan buah hati. Apakah tumbuh kembang mereka normal atau tidak sesuai dengan usianya. Karena resiko-resiko semacam bayi lahir cacat atau juga masalah yang mungkin dialami oleh wanita selama kehamilan nantinya dapat ditekan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ini.

Untuk pemeriksaan sendiri juga dapat dilakukan secara lebih mudah di bidan terdekat atau mungkin jika Anda ingin menikmati fasilitas atau layanan terbaik, maka bisa memilih rumah sakit yang berkualitas banyak sekali diantara dokter spesialis kebidanan kandungan Jakarta Selatan yang dapat dijadikan sebagai rujukan untuk mengetahui kondisi kehamilan Anda tersebut. Pada masa kehamilan trimester pertama umumnya pemeriksaan dapat dilakukan maksimal sampai dengan 4 kali ke dokter atau bidan. Nantinya intensitas pemeriksaan tersebut juga akan semakin bertambah jika sudah mendekati masa kelahiran.

Apalagi bagi yang baru saja mengalami kehamilan pertama pastinya agak was-was mengenai persalinan buah hati tersebut, jadi harus rutin melakukan pemeriksaan mendekati HPL. Untuk mengetahui apakah nantinya persalinan dapat dilakukan secara normal atau harus melalui cara caesar. Dengan mempertimbangkan kesehatan dari ibu hamil tersebut dan juga bayinya, sehingga tidak sampai mengalami resiko yang tak diinginkan. Dalam memilih rumah sakit yang digunakan untuk persalinan hendaknya juga tidak boleh sembarangan, berikut ini beberapa tipsnya:

  • Utamakan untuk memilih rumah sakit yang lokasinya tidak begitu jauh dari tempat tinggal Anda, karena hal ini nantinya berguna untuk mempermudah di dalam mengaksesnya, selain itu dengan memilih rumah sakit yang dekat juga akan mudah bagi anggota keluarga lain jika seandainya ingin menemani selama masa persalinan tersebut. Apalagi banyak diantara rumah sakit di Jakarta Selatan yang kualitasnya bagus untuk tempat persalinan Anda.
  • Pilih yang memiliki dokter kandungan terbaik, tak hanya cekatan saja dalam menghadapi pasien, melainkan hendaknya juga dokter yang ramah, sehingga dapat menghadapi pasien secara lebih sabar dan pastinya juga membuat pasien menjadi lebih nyaman dibantu dalam menghadapi masa persalinan mereka nantinya. Karena tak jarang diantaranya beberapa pasien yang merasa kurang nyaman dengan dokter yang menangani mereka, bahkan setelah mengunjungi beberapa rumah sakit.
  • Fasilitas lengkap, untuk penawaran fasilitasnya hendaknya juga lengkap atau memadai, sehingga segala tindak medis bisa dilakukan secara lebih mudah, jika terjadi sesuatu nantinya tidak perlu dirujuk ke rumah sakit yang lainnya lagi, karena mereka sudah memiliki semua perlengkapan yang memadai, seperti diantaranya adalah NICU maupun ICU untuk kondisi-kondisi yang sifatnya memang darurat.
  • Memiliki dokter spesialis, selain bidan atau dokter kandungan saja, maka hendaknya juga sudah tersedia dokter spesialis untuk menangani kondisi-kondisi yang sifatnya memang tidak terduga, mengingat tentunya Anda sendiri juga tidak akan tahu resiko yang mungkin saja terjadi salam masa persalinan tersebut.
  • Memberikan beberapa alternatif atau pilihan melahirkan, selain melahirkan secara normal maka bisa juga dengan alternatif operasi caesar, bahkan tak jarang juga beberapa diantara rumah sakit yang tawarkan pilihan lain layaknya melahirkan dalam air yang sedang begitu populer saat ini.

Menjaga kehamilan dengan baik juga rutin dalam melakukan pemeriksaan kandungan maka diharapkan proses persalinan berjalan secara normal sampai waktunya tiba.

0 komentar:

Posting Komentar