Jumat, 27 September 2019

Antara Elektrik atau Gas, Mana Kompor Pilihan Kamu?

Sumber: pinterest.com
Berbicara soal urusan dapur rasanya belum lengkap jika tidak ada benda yang satu ini yakni, kompor. Alat masak utama yang wajib dimiliki untuk urusan memasak, pastinya kalian sudah akrab dong dengan alat masak yang satu ini. Semakin berkembangnya zaman sekarang ini banyak jenis dan bentuk kompor yang semakin beragam, tentunya kita lebih sering  menjumpai kompor gas dan kompor listrik kan? 
Biasanya, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan kompor gas untuk kebutuhan memasak sehari-hari, tetapi jika kita lalai menyimpan dan menggunakan tabung gas elpiji bisa-bisa terjadi ledakan pada tabung gas. Jangan sampai kejadian deh! 
Namun, jika berbicara tentang kompor listrik apakah benar jika kompor ini lebih aman ketimbang kompor gas? Sekarang ini banyak bermunculan tentang spekulasi keamanan dan potensi listrik yang berbahaya mengenai kompor listrik ini. Pada dasarnya, kompor listrik dan kompor gas ini memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, biar lebih jelasnya lagi, yuk kita simak tentang kelebihan dan kekurangan mengenai kompor listrik dan kompor gas berikut ini. 
Kelebihan Kompor Listrik

Sumber: pinterest.com

Kompor listrik memiliki keunggulan terhadap keamanan saat memasak, resiko yang terjadi seperti kebakaran atau ledakan juga terbilang sangat kecil. Kamu juga bisa mengatur suhu pada kompor listrik ini sesuai dengan keinginanmu, jika dipikir-pikir lagi sebenarnya kompor jenis ini terbilang cukup murah lho, walaupun daya yang dibutuhkannya juga cukup besar. 

Tidak hanya itu, kompor listrik ini juga tidak akan menimbulkan polusi ketika sedang memasak dan memiliki permukaan yang rata sehingga kompor ini sangat cocok untuk memasak menggunakan panci. Selain aman digunakan untuk memasak,  kompor jenis ini juga mempunyai desain yang sangat modern dan pastinya mudah untuk dibersihkan. Lebih asik nya lagi nih, kamu tidak perlu lagi repot-repot melakukan pergantian gas seperti kompor gas pada umumnya. 


Kekurangan Kompor Listrik

Sumber: pinterest.com
Walaupun kompor listrik ini mempunyai banyak kelebihan, tetapi disisi lain kompor jenis ini juga mempunyai kekurangan yang harus kamu cermati. Jika di rumahmu terjadi pemadaman listrik, otomatis kamu tidak bisa menggunakan kompor listrik ini untuk memasak. Konsumsi daya yang dibutuhkan untuk kompor ini juga terbilang cukup besar yakni sebesar 300-600 watt. Selain itu, kamu juga tidak bisa menggunakan peralatan memasak yang berbahan aluminium. 

Kelebihan Kompor Gas

Sumber: pinterest.com
Selain kelebihan dan kekurangan kompor listrik di atas ini, kompor gas ini juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu cermati. Kompor jenis ini memiliki biaya kompor gas yang terbilang lebih murah ketimbang kompor listrik yang membutuhkan daya listrik yang  cukup besar. 
Selain itu, kamu juga bisa memperbesar dan memperkecilkan api dengan sesuka hati. Permukaan yang dimiliki kompor jenis ini pun berbentuk bulat ataupun tidak rata. Dengan menggunakan kompor gas ini,  kamu akan mudah mematangkan masakan kamu dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan kompor ini mampu menghasilkan api yang dapat menyebar secara merata.

Kekurangan Kompor Gas

Sumber: pinterest.com
Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki kompor gas ini, namun dibalik itu semua ada beberapa resiko besar yang bisa mengancam kamu ketika menggunakan kompor gas, semacam terjadi ledakan atau kebocoran yang sewaktu-waktu bisa terjadi oleh sebab keteledoran dalam pemasangan tabung gas elpiji yang tidak benar. Selain itu, kamu juga perlu mengganti tabung gas ini secara berkala.

Nah, itulah tadi beberapa poin penting mengenai kompor gas dan kompor listrik yang sudah kamu cermati diatas. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk memilih menggunakan kompor yang kamu inginkan. 

0 komentar:

Posting Komentar