Kamis, 31 Oktober 2019

Gunakan Tips Ini agar Klaim Asuransi Prudential Tidak Ditolak


Kemungkinan klaim dari asuransi akan ditolak tentunya ada saja bukan? Bahkan jika Anda tidak sesuai dengan prosedur yang ada bisa jadi juga akan ditolak. Nah di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar klaim asuransi tidak ditolak. Mungkin juga bisa Anda gunakan pada cara klaim asuransi Prudential agar tidak ditolak.

1. Pastikan Polis Tidak Lapse

Polis lapse bisa saja terjadi jika Anda tidak membayar premi asuransi dengan tepat waktu pada jatuh tempo atau dikatakan menunggak. Nah sebelum Anda melakukan klaim maka sebaiknya bayar dengan tepat waktu sebelum jatuh tempo. Tujuannya adalah agar asuransi bisa terus berjalan dan tidak akan berhenti begitu saja. 

Apabila Anda memang memiliki asuransi jiwa dengan jenis unit link, polis lapse bisa saja terjadi jika alokasi yang digunakan untuk investasi berkurang disebabkan karena kondisi pasar. Solusinya, adalah Anda harus melakukan top up.

2. Klaim di Saat Masa Tunggu

Kebijakan yang satu ini biasanya akan dimiliki oleh setiap perusahaan asuransi. Biasanya, masa tunggu dari asuransi adalah 30 hari sampai 60 hari sejak polis sudah disetujui. Oleh sebab itu Anda tidak dapat melakukan klaim asuransi sebelum pada masa tunggu. 

Bisa saja polis milik Anda akan disetujui, namun dengan proses yang mana cenderung membutuhkan waktu, walaupun sudah disetujui. Di sini Anda belum bisa langsung melakukan klaim tersebut. Pastikan jika Anda mengajukannya secara cepat.

3. Pengajuan Klaim Tepat Waktu

Sebelum Anda mengajukan dokumen sebaiknya yang pasti akan Anda lakukan adalah menghubungi pihak asuransi. Yang perlu untuk Anda perhatikan adalah setiap asuransi mempunyai tenggat waktu tertentu yang mana dapat menentukan apakah klaim dari Anda itu diterima atau nantinya ditolak. 
Jika Anda ingin mengajukan klaim kesehatan, maka sebaiknya pastikan jika Anda ajukan maksimal 30 hari, serta untuk klaim asuransi jiwa, paling lama 60 hari. Semua ketentuan pada dasarnya berbeda di setiap asuransi, jadi selalu pastikan jika Anda melakukan riset dahulu.

4. Lengkapi Dokumen 

Sebelum Anda melakukan klaim agar tidak ditolak maka sebaiknya lengkapi dokumen yang diperlukan terlebih dahulu. Dalam pengajuan dokumen, pastikan jika dokumen Anda lengkap dan tentunya juga sesuai dengan prosedur. Jika Anda melewatkan satu dokumen saja, nantinya bisa kemungkinan besar klaim akan ditolak.

5. Sesuai dengan Syarat Klaim

Pada saat Anda melakukan pembelian dari asuransi kesehatan, pastikan jika Anda memang sudah membaca syarat serta ketentuan yang terdapat di lembaran polis. Umumnya, pihak asuransi akan menetapkan rumah sakit maupun klinik yang jadi rekanan dari pihak asuransi. Klaim ini bisa saja ditolak jika Anda menginap pada rumah sakit yang mana tidak ditentukan. 

Setiap perusahaan dari asuransi juga mempunyai perbedaan akan tanggungan dari rawat inap. Pada umumnya, Anda dapat melakukan klaim minimum 1 sampai 2 hari rawat inap. Semuanya tertera pada polis yang Anda pilih, pastikan diri Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu.

Bagaimana lebih baik mencegah bukan dari pada harus menyesal di kemudian hari karena kurang persiapan dan memahami prosedur di atas. Sebaiknya Anda lakukan beberapa tips di atas dulu agar klaim asuransi tidak ditolak termasuk saat cara klaim asuransi Prudential.

0 komentar:

Posting Komentar