Rabu, 16 Oktober 2019

Penyebab Hidung Tersumbat Dan Tips Mudah Mengatasinya


Pada saat hidung tersumbat tentunya anda akan merasa tidak nyaman pada saat melaukan aktivitas. Pastinya ingin cepat reda dengan cara meredakan hidung tersumbat. Banyak penyebab hidung Anda tesumbat. Hidung tersumbat dapat terjadi ketika jaringan di dalam hidung terganggu. Gangguan ini bisa disebabkan iritasi ataupun karena menghurp polusi udara, baik dari asap kendaraa atau pajanan asap rokok. Hal lain yang mebyebabkan hidung tersumbat adalah alergi, sinusitis, infeksi, ISPA ataupun influenza.

Ketika Anda terkena alergi atau menghirup udara kotir, selaput yang melapisi saluran hidung akan meradang. Pada saat itulah hidung memproduksi lendir untuk mengusir segala sesuatu yang menggangu. Lendir pengusir gangguan inilah yang membuat hidung jadi tersumbat. 

Seperti yang sudah dibaca diatas ada banyak penyebab hidung tersumbat.

1. Flu 

Flu atau Influenza terjadi karena virus meneyrang sistem pernapasan, seperti hidung, tenggotokan dan juga paru-paru. Kondisi ini juga memungkinkan hidug tersumbat. Flu sebenarnya bisa sembuh sendiri namun jika terjadi komplukasi, komplikasi itulah yang bisa membahayakan. 

2. Batuk Pilek

Keluhan batuk-batuk dan juga pilek terjadi dikarenakan adanya benda asing seperti kotoran, infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran napas bagian atas, yaitu hidung dan juga tenggorokan. Pada saat pilek, hidung Anda mungkin tersumbat. Pilek biasanya sembuh tanpa pengobatan dalam waktu 7 sampai 10 hari.

3. Sinustis Akut

Sinustis akut biasanya berkembang karena batuk dan juga pilek. Kondisi ini sebenarnaya busa dengan sendirinya dalam waktu 10 hari. Namun, pada saat sinusitis terjadi, jaringan di dalam hidung merdanag dan juga membengkak sehingga rongga hidung menyempit. Produk lendir juga dapat meningkat hal-hal inilah yang menyebabkan hidung tersumbat. 

4. Alergi

Ketika penderita alergi terpapar oleh zat-zat penyebab alergi atau allergen, maka tubuh kakan bereaksi. Berbagau hal bisa terjadi akibat reaksi alergi. Pada rintis alergi terjadi gangguan pada sistem pernapasan, di mana produksi lendir dalam rongga hidung dapat meningkayt yang menimbulkan reaksi bersin-berisn atau pilek. Pada kondisis ini, ada pulia kemungkinan hidung menjadi tersumbat. 

Cara mengatasi hidung tersumbat 

Minum lebih banyak cairan.

Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengkonsumsi banyak cairan juga bisa menjaga tenggorokan tetap lembap 

Menghirup uap hangat 

Masukan air ke panci, lalu masak sampai mendidih. Angkat dan kemudian hirup secara perlahan-lahan yap hangat yang dihasilkan dari air mendidih itu. Namun hati-hati saat mempraktikan hal ini krena uap tersebut bisa membuat hidung anda terluka. Selain itu anda juga bisa menikmati uap hangat saat mandi air hangat. Bukan hanya melegakan hidung tersumbat, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh Anda bisa rileks.

Konsumsi minuman panas.

Minuman panas bisa meredakan hidung tersumbat, juga menenangkan selaput yang meradang dan pastinya mencegah dehidrasi. Minuman panas yang bisa Anda coba adalah teh herba yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu, Langkah ini sangat membantu pada saat Anda kesulitan bernapas pada saat tidur di malam hari. 

Sering membuang ingus 

Sangat penting untuk melalukan hal ini secara teratur jika hidung Anda tersumbat, namun lakukan secara cepat. Mengeluarkan ingus dnegan tekanana yang terlalu keras bisa membawa kuman kembali ke telinga Anda. Cara terbaik membuang ingus adalah menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hifung ketika Anda mebuang ingus dengan lubang satunya.

0 komentar:

Posting Komentar