Rabu, 04 Desember 2019

Menjadi Negara Serumpun, Intip Masakan Singapura Yang Mirip Dengan Indonesia


Asia Tenggara terdiri dari beberapa negara, yang dikatakan sebagai negara serumpun. Menjadi satu negara serumpun, tak heran jika beberapa negara di Asia Tenggara memiliki banyak kesamaan. Salah satunya adalah Negara Indonesia dan Singapura, dimana keduanya memiliki kemiripan dalam hal kuliner. Apa  saja masakan Singapura yang mirip dengan Tanah Air? Yuk, simak ulasannya berikut. 

Makanan Singapura dan Indonesia yang Memiliki Kemiripan

1. Rojak

Jika di Indonesia ada rujak, maka pada Singapura pun ada makanan yang bernama Rojak. Tidak hanya namanya saja yang mirip, nyatanya isi dari masakan Rojak pun mirip dengan rujak di Indonesia. Sesungguhnya Rojak adalah makanan rujak ala Singapura, dimana isi yang dimasukkan bersamaan dengan bumbu kacang cukup sama dengan yang biasa kita santap di Indonesia. 

Di Indonesia, terdapat dua jenis rujak yaitu rujak cingur dan rujak buah. Sedangkan pada rujak ala Singapura, tidah hanya buah saja. Bisa dikatakan Rojak adalah salad lokal Singapura, yang terdiri dari campuran buah dan sayur. Buah yang dicampurkan pada Rojak terdiri dari mangga muda, kedondong, hingga bengkoang. 

Seperti dilansir situs harapanrakyat.com, rujak ala Singapura ini memiliki ciri khasnya sendiri. Yaitu buah – buahan yang dicampur dengan tahu kopong dan cakwe. Tahu kopong dan cakwe ini, digoreng hingga renyah atau garing. Selanjutnya seluruh bahan isian tadi dijasikan satu, dan disiram dengan saus kacang. 

Tentunya masakan Singapura ini memiliki rasa yang lebih kaya, jika dibandingkan dengan rujak Indonesia. Hal ini karena Rojak menyatukan buah dengan bahan lain, yaitu cakwe dan tahu kopong. Sedangkan jika di Indonesia, kedua bahan tersebut dibedakan menjadi rujak buah dan rujak cingur. 

2. Popiah

Pernahkah anda mendengar makanan Popiah ? Sesungguhnya, Popiah merupakan hidangan yang mirip dengan lumpia Indonesia. Makanan ini diadaptasi dari hidangan cina, tepatnya masakan yang berasal dari daerah Fujian. Isi lumpia ala Singapura ini, cukup mirip dengan lumpia Indonesia. 

Isi dari Popiah adalah berbagai sayur mayur seperti wortel, tahu, selada, hingga tauge. Perbedaan yang cukup mencolok dari lumpia dan Popia adalah, pada kulit hidangannya. Popia Singapura kulitnya tidak digoreng, sedangkan lumpia Indonesia memiliki 2 macam yaitu kulit yang digoreng dan yang tidak digoreng. 

Masakan Singapura ini pun memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan lumpia Indonesia, begitu pun dengan cara menyantapnya. Jika lumpia Indonesia memiliki ukuran yang relatif lebih kecil, sehingga memakannya pun sangat mudah dengan tangan. Namun tidak dengan Popiah, kalian perlu memotongnya terlebih dahulu dengan bantuan sendok dan garpu. 

Selain itu, yang membuat Popiah lebih spesial dan sangat berbeda dengan lumpia adalah tambahan isinya. Popiah tidak hanya berisi sayur-sayuran saja, melainkan terdapat tambahan campuran daging kepiting yang menambah kenikmatan dari Popiah. Hidangan Singapura ini pun diberikan irisan bengkoang, yang memberikan rasa segar dan unik secara keseluruhan. 

3. Nasi Lemak

Jika berbicara tentang masakan Singapura, tentu tidak bisa melewatkan Nasi Lemak. Hidangan ini cukup terkenal, dan menjadi salah satu kuliner khas Singapura. Nasi Lemak adalah sebuah nasi yang diolah, dengan menggunakan santan dan daun pandan sehingga memberikan rasa kepada nasinya. 

Masakan Nasi Lemak cukup mirip dengan nasi uduk, dimana menonjolkan rasa yang terkandung dari nasi yang telah diolah. Cara penyajiannya pun cukup sama, yaitu menyantapnya dengan lauk pauk. Pada hidangan Singapura ini, umumnya diberikan lauk ikan goreng atau sayap akan dengan tambahan mentimun dan sambal yang pedas. 

Meskipun mirip dengan nasi uduk, nyatanya kedua hidangan ini tetap memiliki rasa yang berbeda. Hal ini karena pada pengolahan nasinya, Nasi Lemak menggunakan daun yang berbeda. Pada olahan khas nasi uduk menggunakan daun Salam yang memiliki rasa sangat kuat, sedangkan pada Nasil Lemak menggunakan daun pandan

Menjadi negara satu rumpun, membuat Singapura dan Indonesia memiliki banyak kesamaan. Mulai dari bahasa melayu, hinga kuliner pun cukup mirip satu sama lain. Meskipun memiliki kemiripan, tentunya rasa masakan Singapura berbeda dengan hidangan Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, anda bisa mencari resep dan membuat sendiri tiga masakan Singapura ini. 

0 komentar:

Posting Komentar