Jumat, 07 Februari 2020

4 Bahaya Tungau untuk Kesehatan Keluarga


Berbicara mengenai tungau, kamar tidur merupakan area yang sering dijadikan markas oleh makhluk parasit satu ini. Bayangkan jika kamar Anda dihinggapi tungau. Bukannya Anda istirahat dengan nyaman, Anda malah merasa terganggu dan mengalami masalah kesehatan. Nah, yang jadi pertanyaan, adakah bahaya tungau untuk kesehatan keluarga? Jika Anda, dimanakah kita harus mencari jasa sedot tungau? Yuk, simak ulasannya satu ini!

Bahaya Tungau untuk Kesehatan

Sebenarnya, tungau tidak hanya ada di kamar saja. Namun lantaran kamar adalah area pribadi yang kerap digunakan untuk istirahat, maka tungau kerap hinggap di sana. Apalagi jika Anda sudah lelah dan lupa membersihkan kamar, lalu tiba-tiba rebahan begitu saja. Hal ini selain tidak baik untuk kenyamanan Anda, juga membuat tungau dapat menyerang Anda dengan mudah.

Tungau tidak hanya suka di kamar yang sumpek dan lembab, namun juga suka di tempat yang jarang dibersihkan. Makhluk penyebab kuman dan penyakit ini juga betah menjadi penghuni kamar Anda dan bisa hidup tanpa disadari hingga Anda merasa gatal-gatal dengan sendirinya. Lalu, apakah bahaya tungau untuk kesehatan sehingga kita sangat perlu jasa sedot tungau?

1. Tungau Dapat Mengiritasi Kulit

Tungau tidak hanya memiliki satu spesies, melainkan terdiri dari beragam jenis. Salah satu jenis tungau yang menyebabkan iritasi kulit adalah biasanya Sarcoptes scabies. Tungau debu rumahan ini merupakan jenis tungau yang paling umum melekat dan menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

2. Menyebabkan Kulit Kering

Tidak hanya jenis tungau di atas, tungau-tungau sejenis tungau jerami, tungau babi, hingga tungau tikus juga dapat melekat pada tubuh Anda dan menyebabkan gatal serta kulit menjadi kering tidak sehat.

3. Dapat Menyerang Darah

Sebagai sebuah parasit, tungau dapat hidup sebagai individu dan diam-diam menghisap darah pada tubuh Anda melalui kulit. Meski panjang tubuhnya hanya 2,3 sampai 3,6 mm, tungau dapat melekat di pakaian, perabotan rumah, hingga tempat tidur dan kemudian menempel pada Anda. Jika sudah menempel dan butuh makan, maka mereka akan menghisap darah Anda hingga Anda merasa gatal yang berlebihan.

4. Menyebabkan Infeksi

Tungau bisa menyebabkan infeksi akibat kotorannya yang bercampur dengan debu dan kemudian menyerang manusia. Infeksi akibat tungau ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, mulai dari pilek, asma, hingga gatal.

Demikian ulasan mengenai tungau dan bahayanya untuk kesehatan. Sekedar informasi saja, di sofa atau bantal rumah Anda saja, terdapat 2 juta tungau yang hidup. Mengerikan, bukan? Tungau tersebut juga dapat hidup dari serpihan kulit manusia. Maksudnya, sel-sel kulit mati yang terkelupas akibat keringat dapat menjadi tempat tinggal tungau dan menempel pada kasur, sofa, dan lain-lainnya.

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami masalah tungau, Anda bisa menghubungi jasa sedot tungau yang ada di www.sejasa.com. Semoga ulasannya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar