Minggu, 23 Februari 2020

Agar Cepat Sembuh, Inilah 6 Langkah Perawatan Luka Operasi di Rumah


Beberapa macam kondisi kesehatan memang membutuhkan tindakan operasi untuk penanganannya agar bisa sembuh. Biasanya pasien pasca melakukan tindakan operasi ini tidak bisa pulih secara langsung, melainkan membutuhkan waktu, hingga luka tersebut benar-benar menutup dan juga perban bisa segera dibuka. Namun tidak perlu khawatir karena dalam waktu beberapa hari saja biasanya pasien sendiri sudah bisa pulang ke rumah jika seandainya kondisi sudah membaik. Perawatan luka pasca operasi itu tentu saja perlu dilakukan untuk mengurangi resiko infeksi, untuk melakukan hal tersebut pun kini ada layanan homecare perawat dan dokter untuk melakukan perawatan luka yang tepat.

Dengan perawatan yang tepat maka nantinya luka tersebut akan jadi lebih cepat sembuh dan tidak beresiko untuk menyebabkan terjadinya infeksi. Sebenarnya juga bukan hal yang sulit untuk perawat luka bekas operasi Anda tersebut, berikut ini diantara langkah-langkahnya yang dapat diterapkan, yaitu:

  1. Memperhatikan kapan waktu untuk mengganti perban luka tersebut, keberadaan perban yang menutupi luka hendaknya harus diganti secara rutin, guna mencegah perkembangan bakteri di bagian tersebut dan memicu terjadinya infeksi. Biasanya pada awal-awal setelah operasi maka penggantian tidak boleh dilakukan sembarangan, melainkan harus lewat dokter atau perawat, sehingga harus datang ke rumah sakit secara langsung. Namun jika kondisinya sudah tidak begitu parah dan dokter sendiri juga mengizinkan untuk mengganti perban tersebut sendiri, tentunya bisa Anda ganti sendiri.
  2. Memastikan bahwa kondisi luka operasi tersebut selalu bersih, menjaga kebersihan luka operasi penting dilakukan, guna mencegah terjadinya resiko infeksi. Pastikan juga untuk sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun dan juga air bersih jika seandainya ingin mengganti perban tersebut. Luka bekas operasi ini biasanya tidak diperkenankan untuk basah, sampai benar-benar kering, jadi jika seandainya ingin melakukan aktivitas harus diperhatikan.
  3. Memperhatikan kondisinya dari hari ke hari, selanjutnya perawatan luka operasi di rumah dapat dilakukan dengan memantau atau mengecek kondisinya dari waktu ke waktu. Apakah pada permukaannya tersebut terdapat bercak kemerahan yang menandakan ada darah yang keluar, atau justru bercak kuning dari keluarnya nanah, jika ternyata terus muncul sebaiknya segera dilakukan konsultasi ke dokter, karena mungkin saja terjadi infeksi disana.
  4. Hindari untuk mengangkat beban yang berat. Pasca melakukan tindakan operasi maka hendaknya jangan pernah angkat barang atau beban yang berat. hal ini dikarenakan dengan mengangkat benda yang berat tersebut beresiko untuk menyebabkan area bekas jahitan operasi bisa saja terbuka kembali.
  5. Mengurangi paparan sinar matahari, khususnya adalah pada area yang baru saja dilakukan tindakan operasi, karena jika seandainya terlalu sering terpapar oleh sinar matahari, maka ada kemungkinan nantinya area yang terluka tersebut akan terbakar oleh sinar matahari dan rasanya menjadi semakin perih.
  6. Hindari juga jenis-jenis aktivitas yang dapat memicu terjadinya infeksi, misalnya adalah kegiatan yang mengharuskan Anda untuk terkena kotoran layaknya berkebun, kemudian juga membersihkan sampah dan sejenisnya. Kegiatan semacam ini sangat mungkin membuat Anda bersinggungan dengan benda kotor, dimana nantinya ada kuman atau bakteri yang sangat mungkin menginfeksi bagian luka bekas operasi tersebut, sehingga kondisinya tentu akan jadi semakin parah.

Setidaknya itulah perawatan luka operasi di rumah yang bisa Anda terapkan, sehingga nantinya pasca operasi penyembuhan juga akan jadi jauh lebih cepat. Nantinya Anda juga bisa kembali pulih seperti sedia kala dan melakukan kegiatan sehari-hari seperti dulu. Perawatan yang tepat juga besar kemungkinan bisa menyamarkan luka tersebut secara cepat.

0 komentar:

Posting Komentar