Sabtu, 11 April 2020

4 Manfaat Berbisnis di B2B Marketplace Indonesia


Konsep B2B atau business to business merupakan bisnis dengan konsep yang mempertemukan antara satu entitas bisnis dengan bisnis lainnya, atau dengan kata lain yaitu pemasaran produk ataupun jasa dari satu perusahaan bisnis ke perusahaan bisnis lainnya. Sama halnya dengan bisnis yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen, bisnis B2B kini juga bisa dilakukan dengan sistem online dengan menggunakan berbagai B2B marketplace Indonesia yang kini banyak bermunculan. 

Menggunakan marketplace dalam melakukan bisnis B2B tentu memberi Anda banyak keuntungan, seperti berbagai keuntungan berikut. 

1. Jangkauan konsumen lebih luas

Bisnis dengan sistem B2B tentu memiliki target yang lebih spesifik dibanding dengan bisnis B2C atau business to customer. Hal ini membuat Anda harus menemukan tempat yang tepat agar bisa menjangkau target konsumen bisnis Anda. Dengan menggunakan marketplace yang telah terintegrasi secara online, Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi dibanding sebelum Anda menggunakan marketplace. 

Selain itu, dengan menggunakan marketplace yang secara khusus didesain untuk memasarkan produk-produk dengan sistem B2B, Anda akan dipertemukan dengan orang-orang atau klien yang menjadi sasaran Anda dan memang membutuhkan barang atau jasa dengan sistem B2B. 

2. Volume perdagangan lebih besar

Berbagai B2B marketplace Indonesia yang ada saat ini akan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda, terutama bisnis yang menerapkan konsep B2B. Marketplace-marketplace ini dapat mempertemukan para produsen dengan para distributor, pengecer, atau pihak grosir. 

Marketplace ini juga bisa mempertemukan antara importir dengan exportir. Ini membuat Anda akan memiliki jaringan perdagangan yang lebih besar bahkan bisa mengembangkan sistem ekspor dan impor untuk semakin memperluas bisnis Anda. 

3. Memiliki fitur-fitur khusus

Berbagai marketplace untuk penjualan B2B juga memiliki berbagai fitur khusus yang berguna untuk semakin mempermudah dan mengembangkan bisnis Anda. Misalnya saja fitur permintaan barang baru sehingga produsen yang menjual barang di marketplace tersebut bisa mengetahui produk apa yang banyak dibutuhkan untuk target konsumennya. 

Ada pula marketplace yang menyediakan fitur ulasan, dimana pihak yang membeli produk dapat memberi ulasan terhadap produk tersebut. Feedback semacam ini tentu bisa menjadi saran bagi Anda untuk bisa mengembangkan produk lebih baik lagi. 

4. Mudah dan praktis digunakan

Berbagai hal yang menggunakan sistem online tentu menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam penggunaannya, tidak terkecuali ketika Anda menjual produk B2B Anda menggunakan marketplace. Anda bisa melakukan berbagai transaksi penjualan secara praktis dimana saja dan kapan saja. Ini bisa mempermudah Anda dalam melakukan pekerjaan dan bisnis Anda. 

Itulah beberapa manfaat dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan kegiatan bisnis Anda dengan sistem online menggunakan B2B marketplace Indonesia yang saat ini banyak tersedia. 
Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan Anda, ya!

0 komentar:

Posting Komentar