Jumat, 17 April 2020

Meskipun Berat, Berikut Ini Tips Agar Tetap Kuat Menjalankan Ibadah Puasa di Hari Pertama


Nilai puasa memang sangatlah tinggi, tak sekedar untuk menahan diri dari lapar dan juga haus saja, melainkan juga untuk melatih diri agar lebih sabar dari berbagai macam godaan. Dalam satu tahunnya setidaknya umat muslim ada dihadapkan pada bulan Ramadhan, dimana saat ini kita semua menunaikan ibadah puasa. Banyak hal menarik yang mungkin hanya akan Anda rasakan selama bulan puasa ini dan tidak pada bulan-bulan lainnya, mulai dari berbuka sampai dengan sahur dan tarawih.

Kebanyakan diantara kita memang paling berat menjalankan puasa di hari pertama, karena memang masih menjadi permulaan atau awal. Namun berikut ini setidaknya ada beberapa tips dalam menjalankan puasa di hari pertama yang bisa Anda terapkan, yaitu:

1. Pastikan untuk niat, bagaimanapun tanpa adanya niat maka puasa Anda sebenarnya hanya akan sia-sia. Untuk itu niat bisa dilakukan pada malam hari setelah sholat tarawih ataupun selepas sahur. Pastikan bahwa orang tua juga mengingatkan dan mengajarkan anak-anaknya untuk niat sebelum berpuasa.

2. Perhatikan menu sahur Anda, jangan asal makan, karena ternyata jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur mempengaruhi kondisi tubuh pada saat siang hari ketika berpuasa. Misalnya jika menu yang dikonsumsi terlalu banyak gorengan, maka akan membuat Anda mudah haus ketika siang hari.

3. Memperbanyak konsumsi air putih, penting untuk tetap mencukupi kebutuhan akan air putih. Karena nantinya Anda tidak boleh makan ataupun minum selama kurang lebih 12 jam, jika kekurangan cairan maka tubuh akan rentan mengalami dehidrasi.

4. Sebisa mungkin dapatkan waktu untuk istirahat pada siang hari, meskipun hanya sekedar tidur sebentar. Paling tidak sekitar 30 menit untuk mengembalikan energi tubuh Anda.

Itulah beberapa tips agar kuat dalam menjalankan ibadah puasa di hari pertama. Ketika puasa di hari pertama ini lancar, maka di hari-hari selanjutnya akan terasa jauh lebih mudah, mengingat tubuh juga sudah terbiasa. Temukan berbagai macam tips atau informasi menarik lainnya dengan mengunjungi blog EF Adults.

0 komentar:

Posting Komentar