Senin, 18 Mei 2020

4 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Suku Bunga Kredit


Ketika Anda sebagai nasabah hendak mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan seperti bank, maka Anda juga harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan pinjaman Anda. Termasuk suku bunga serta tingkat kredit yang ditentukan. Misalnya ketika Anda melakukan pengajuan untuk kredit mobil, maka lembaga keuangan tersebut juga akan menetapkan suku bunga kredit mobil Anda. Hal ini harus Anda pahami karena setiap lembaga keuangan memiliki metode perhitungan bunga yang berbeda. 

Untuk lebih memahami mengenai hal ini, berikut beberapa penjelasan mengenai suku bunga kredit. 

1. Pengertian bunga kredit

Bunga kredit atau sering juga disebut bunga pinjaman adalah harga tertentu yang harus dibayarkan oleh Anda sebagai nasabah kepada bank atau lembaga keuangan tempat Anda mengajukan kredit atas fasilitas kredit atau pinjaman yang telah Anda lakukan. Bunga ini dinyatakan dalam bentuk persentase. 

2. Komponen penentu tingkat suku bunga kredit

Bisa jadi suku bunga kredit mobil yang Anda pinjam di lembaga keuangan yang satu berbeda dengan suku bunga yang ditetapkan pada lembaga keuangan yang lain. Ada beberapa faktor atau komponen yang turut menentukan tingkat suku bunga kredit yaitu cost of fund, biaya operasi, cadangan resiko kredit macet, laba yang diinginkan, serta pajak. 

3. Metode penghitungan bunga

Selain ditentukan oleh beberapa faktor atau komponen, suku bunga juga bisa berbeda antara satu dengan yang lain karena ada beberapa metode penghitungan bunga yang bisa disesuaikan atau disepakati. Misalnya metode flat, dengan metode ini bunga akan dihitung dari besaran pinjaman Anda di awal sehingga bunga yang Anda dapatkan hingga akhir pembayaran pinjaman jumlahnya tetap dan sama. 

Sementara metode bunga efektif menerapkan penghitungan bunga atas dasar saldo pokok pinjaman sebelumnya. Bunga yang akan Anda dapatkan di bulan pertama akan lebih besar dan semakin lama besaran bunganya akan semakin kecil jika dibanding dengan pembayaran pokoknya. 

Ada pula metode anuitas yang merupakan wujud modifikasi dari penghitungan bunga dengan metode efektif. Metode anuitas akan mengatur agar jumlah anggaran pokok serta bunga yang dibayar tetap sama setiap bulan. Besaran angsuran pokok dan bunga ini jumlahnya akan tetap hingga akhir masa pembayaran pinjaman. 

4. Kondisi suku bunga

Selain mengetahui metode penghitungan bunga, Anda sebagai nasabah juga harus mengetahui seperti apa bunga yang harus Anda bayarkan. Dilihat dari kondisinya, suku bunga terdiri dari dua jenis. Pertama adalah suku bunga tetap atau fixed rate. Suku bunga ini menetapkan bunga yang harus Anda bayarkan besarannya tidak akan berubah. 

Selain suku bunga tetap, ada pula suku bunga mengambang atau floating rate. Pada suku bunga mengambang, besaran bunga yang harus Anda bayarkan akan berubah-ubah sesuai dengan tingkat suku bunga bank. 

Jika terjadi kenaikan pada pada tingkat suku bunga pasar, maka bunga yang harus Anda bayarkan juga akan naik. Begitu pula jika terjadi penurunan suku bunga, maka bunga yang harus Anda bayarkan juga ikut turun.  

Setiap kondisi suku bunga ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada suku bunga tetap, Anda memiliki kepastian besaran bunga yang akan dibayar. Sementara pada suku bunga mengambang Anda akan mendapat keringanan ketika tingkat suku bunga pasar menurun. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai suku bunga kredit yang perlu Anda ketahui agar memahami suku bunga kredit mobil ketika Anda mengajukan kredit kendaraan atau mengajukan kredit lainnya. 

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

0 komentar:

Posting Komentar