Senin, 04 Mei 2020

Mengenal Macam-Macam Asuransi Kesehatan


Salah satu asuransi yang penting untuk Anda miliki adalah asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda akan memiliki jaminan ketika Anda harus mengalami pengobatan atau membutuhkan biaya kesehatan yang cukup besar di masa depan. Saat ini ada banyak asuransi kesehatan premi murah yang bisa Anda pilih untuk melindungi Anda dan juga keluarga Anda. 

Namun sebelum memilih asuransi kesehatan yang sesuai untuk Anda, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu macam-macam asuransi kesehatan seperti berikut. 

1. Asuransi kesehatan berdasarkan pihak yang ditanggung

Berbagai asuransi kesehatan premi murah memiliki ketentuan-ketentuan berbeda mengenai siapa saja yang bisa ditanggung oleh asuransi tersebut. Berdasarkan pihak yang ditanggung, asuransi kesehatan terbagi kedalam asuransi yang menanggung asuransi kesehatan untuk pribadi ataupun untuk kelompok. 

Kelompok yang dimaksudkan disini adalah anggota keluarga Anda yang lain dimana asuransi tersebut akan menanggung biaya kesehatan seluruh anggota keluarga dalam satu polis yang sama. Jika Anda masih hidup sendiri, Anda bisa memilih asuransi kesehatan untuk individu. Sementara jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, Anda bisa memilih asuransi kesehatan untuk kelompok atau keluarga. 

2. Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan

Berdasarkan jenis perawatan yang ditanggungnya, asuransi kesehatan terbagi kedalam asuransi yang menanggung biaya rawat inap dan asuransi yang menanggung biaya rawat jalan. Setiap asuransi tersebut memiliki persyaratannya masing-masing. Asuransi kesehatan rawat inap hanya bisa digunakan jika Anda menjalani rawat inap dan tidak akan berlaku jika Anda tidak melakukan rawat inap. 

Kebijakan rawat inap yang dimaksud juga berbeda-beda pada setiap perusahaan asuransi. Ada yang menentukan masa rawat inap minimal enam jam atau enam belas jam jika Anda ingin melakukan klaim asuransi. Sementara asuransi kesehatan rawat jalan hanya bisa digunakan untuk berbagai layanan kesehatan rawat jalan, misalnya seperti cek darah, cek laboratorium, atau perawatan-perawatan seperti diagnosis dan rehabilitasi. 

3. Asuransi kesehatan berdasarkan biaya yang ditanggung

Berdasarkan biaya yang ditanggungnya, asuransi kesehatan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu biaya atas rawat inap, biaya atas rawat jalan, dan biaya atas manfaat khusus. Asuransi kesehatan yang menanggung biaya atas rawat inap akan menanggung biaya harian rumah sakit serta biaya kunjungan dokter. 

Asuransi kesehatan yang menanggung biaya rawat jalan akan menanggung segala jenis biaya perawatan jalan. Sementara asuransi kesehatan yang menanggung biaya atas manfaat khusus akan menanggung manfaat-manfaat tambahan, misalnya biaya kursi roda atau ambulans.

4. Asuransi kesehatan berdasarkan jenis pembayaran klaim

Ada dua macam jenis asuransi kesehatan jika didasarkan para jenis pembayaran klaim, yaitu asuransi kesehatan cashless dan asuransi kesehatan reimburse. Pada asuransi kesehatan dengan jenis cashless, Anda tidak perlu melakukan pembayaran biaya perawatan di muka. Biasanya asuransi kesehatan jenis ini akan memberi Anda sebuah kartu bisa Anda tunjukan pada pihak rumah sakit ketika Anda akan melakukan perawatan. 

Kartu tersebut akan menanggung biaya perawatan Anda sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang pribadi. Biaya perawatan in tentunya juga sudah disesuaikan dengan polis yang telah Anda sepakati dengan pihak asuransi. 

Sementara asuransi kesehatan yang menerapkan sistem reimburse akan membuat Anda harus membayar terlebih dahulu biaya perawatan Anda dengan uang pribadi. Kemudian pihak asuransi akan mengganti biaya yang Anda keluarkan tersebut. Biasanya asuransi kesehatan dengan jenis reimburse memiliki biaya premi lebih rendah dibanding dengan asuransi kesehatan jenis cashless. 

Itulah beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih dan bisa juga kunjungi situs https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan/. Saat ini berbagai pilihan asuransi kesehatan premi murah juga semakin memudahkan Anda memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar