Senin, 21 September 2020

6 Komoditi Ekspor Unggulan Indonesia ke Singapura


Sebuah negara tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan negara lain memang benar adanya. Prinsip simbiosis mutualisme diterapkan guna meningkatkan kerja sama di segala bidang termasuk ekonomi. Indonesia merupakan negara kaya sumber daya alam yang bisa mengirimkan barang yang dibutuhkan negara lain. Jasa ekspor siap membantu Anda dalam mengirimkan komoditi ekspor ke luar negeri.

Peluang ekspor ke Singapura lewat produk ini

Sebagai negara dengan tingkat ekonomi tertinggi, Singapura memang negara maju di ASEAN. Namun, kondisi negara yang memiliki luas terbatas, Singapura kekurangan banyak produk yang mampu menopang kehidupan masyarakat di negara tersebut. Berikut komoditi ekspor Indonesia yang paling dibutuhkan masyarakat Singapura yaitu :

1. Karet 

Indonesia merupakan penghasil karet terbesar nomor dua dunia yang mengirim komoditi mentah ke Singapura. Selain Singapura, negara tujuan ekspor karet Indonesia adalah Amerika Serikat, China, Jepang, dan Brazil.

2. Kelapa Sawit 

Kelapa Sawit merupakan komoditi ekspor unggulan Indonesia yang telah sukses dikirim ke seluruh negara termasuk Singapura.  Ekspor komoditi kelapa sawit Indonesia dalam bentuk CPO dan CPKO.

3. Kakao

Singapura turut menjadi salah satu negara pengimpor kakao dari Indonesia. Sebagai negara penghasil kakao terbesar nomor tiga dunia, Indonesia mengekspor kakao yang menjadi bahan dasar makanan dan coklat. 

4. Kopi 

Meski berada dibawah Brazil dan Vietnam, produksi kopi Indonesia masih cukup besar. Pengusaha mengirim kopi ke Singapura berupa mentahan atau barang jadi. Popularitas kopi di Indonesia cukup terkenal di dunia, misalnya kopi Lampung, kopi Gayo, kopi Toraja, dan lain-lain. 

5. Produksi hasil hutan 

Industri kayu di Indonesia sangat berkembang pesat karena kekayaan hutan bumi nusantara. Jangan heran produk ekspor kayu ke luar negeri sangat besar, lho! Indonesia juga menawarkan produksi hasil hutan yang telah diolah dalam bentuk kerajinan tangan, mebel dan lain-lain. Jasa kirim luar negeri menjamin produk kerajinan kayu bisa tiba di tempat tujuan tanpa cacat atau rusak.

6. Produksi pertanian dan perikanan 

Indonesia dan Singapura terus mengedepankan kerja sama di bidang ekspor impor. Produksi pertanian yang melimpah ruah menjadi produk yang paling dibutuhkan masyarakat Singapura. Sayur dan buah, ikan dan hasil tangkapan laut, serta masih banyak potensi ekspor yang lain.  Pemerintah Indonesia berusaha meningkatkan pengiriman produk hortikultura ke Singapura. 

Buat Anda yang berencana ingin mengembangkan ekspansi bisnis ke Singapura, sebaiknya lakukan riset mendalam terkait barang atau komoditi paling laris di negara tersebut. Jangan lupa untuk memahami prosedur ekspor barang termasuk pengurusan surat perijinan dan dokumen pendukung. 

Pilih jasa kirim ekspor ke Singapura yang paling kredibel dengan jaminan barang sampai ke tempat tujuan lebih cepat. Lengkapi dokumen asuransi untuk Anda yang mengekspor barang ke luar negeri demi keamanan paket. Menjadi eksportir sukses di Indonesia, kenapa tidak? Anda turut mengembangkan perekonomian Indonesia lebih baik lewat perdagangan internasional.

0 komentar:

Posting Komentar